RXR9Cara menjalani hidup sederhana dan tenang mungkin salah satu cara terbaik menjalani kehidupan di era sekarang ini.

Lantas, bagaimana kalian menjalani hidup saat ini? Pasti kalian belum bisa menentukan, ingin hidup seperti apa di era sekarang.

Perihal hidup, memang semua tergantung dari sifat dan karakter seseorang. Ada yang kaya tapi ingin hidup sederhana, dan ada yang kekurangan tapi ingin terlihat seperti orang kaya.

Hal tersebut tidak bisa dibilang salah, karena mereka punya hak dan pikiran masing-masing. Jika kita cerna kembali, seseorang yang hidupnya sederhana tetapi mau terlihat "WAH!" itu adalah hal yang salah, dan malah bisa membuat kehidupannya tidak tenang.

Memang sudah tidak heran di era sekarang ini, populer dan terlihat glamor adalah salah satu cara agar seseorang tersorot publik.

Dan juga, banyak yang berpikiran memiliki uang sebanyak-banyaknya adalah salah satu cara bahagia.

Tidak salah juga, memang uang bukan segalanya, tetapi segalanya membutuhkan uang, termasuk membeli kebahagiaan.

Apakah pernyataan itu terdengar aneh? Tidak perlu dipikirkan, setiap orang berhak menikmati hidup dengan caranya masing-masing, selama tidak merugikan orang lain, itu tidak salah.

Jika kamu ingin menerapkan gaya hidup sederhana yang damai dan berkecukupan, simak artikel berikut ini.

Terapkan Pola Hidup yang Sederhana

Cara Menerapkan Konsep Hidup Sederhana dan Damai
Img: lifestyle.bisnis.com

Hey kamu! Apakah kamu tertarik untuk mencoba menjalani gaya hidup sederhana?

Jika dipikirkan secara teori, mungkin menjalaninya mudah, tetapi jika sudah diterapkan akan membutuhkan waktu.

Terutama jika kamu memiliki kebiasaan buruk dan harus diubah jadi sebaliknya, tentunya butuh proses yang tidak sebentar bukan?

Hidup sederhana adalah menerapkan gaya hidup yang tidak berlebihan. Sudah banyak orang yang menerapkan konsep ini, menurut mereka menjalani hidup berlebihan sangat rumit, karena sesuatu yang berlebih itu tidak baik.

Konsep hidup sederhana bisa membuat kehidupan seseorang lebih efektif dan lebih baik. Bukan hanya gaya hidupnya, tetapi pola pikir juga sederhana dan tetap berpikir panjang.

Menerapkan gaya hidup sederhana bisa membuat hubungan sosial kamu dengan sekitar lebih baik, seperti bersyukur dan ikhlas dengan apa yang dimiliki dan dapat mengenal jati diri.

Menemukan hal-hal sederhana tetapi membuat bahagia, adalah salah satu kondisi yang diinginkan oleh banyak orang.

Mulailah dengan hal-hal kecil di sekitar kamu, karena semua hal butuh proses, dan proses tersebut pastinya tidak mudah.

Biasakan mulai sekarang, hal yang tidak biasa, akan terlihat biasa saja, jika kita mau melakukannya dengan ikhlas.

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sederhana

Cara Menerapkan Gaya Hidup Sederhana
Img: Canva

Untuk bisa memulai langkah awal menerapkan gaya hidup sederhana, kamu bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Mengontrol Emosi dan Mengendalikan Diri

Sebelum menilai sesuatu, sebaiknya kamu memahami diri sendiri. Jika kamu bisa melawan ego dan melepaskannya, bahwa saat itu kamu sedang menjalani hidup yang sebenarnya.

Dengan mengenal dan menyayangi diri sendiri, kamu bisa mengetahui aspek-aspek penting di kehidupanmu, dan akan berjalan dengan efisien.

  • Bersyukur Pada Setiap Pencapaian

Jangan pernah membanding-bandingkan hidupmu dengan orang lain. Hal tersebut hanya akan menimbulkan sifat iri dan dengki.

Cobalah untuk mensyukuri apa yang telah kamu capai saat ini. Tidak ada salahnya juga, jika seseorang ingin lebih baik lagi dari orang lain, itu hal yang wajar.

Tetapi pernahkah kamu berpikir? Setiap orang memiliki hidupnya masing-masing, dan semua sudah ditakdirkan. Coba untuk berpikir lebih positif, misalnya orang yang lebih baik dari kamu jadilah cerminan untuk memperbaiki diri, bukan untuk berambisi melebihi orang tersebut.

Hidup bukan hanya untuk berkompetisi dengan orang lain, kita sedang tidak berlomba dan jika kita menang, hanya akan mendapat kepuasan tersendiri, jika kita tidak bisa mencapainya, hanya akan menurunkan mental dan rasa malu.

Cobalah untuk hidup lebih sederhana, dengan menghargai setiap pencapaian sekecil apapun dalam hidupmu.

  • Hilangkan Gengsi

Ini adalah salah satu aspek penting untuk menjalani hidup sederhana. Banyak orang yang tidak mampu, tapi selalu ingin terlihar glamor.

Cobalah untuk menghilangkan gengsi dan lebih memetingkan fungsi. Seperti menggunakan pakaian yang layak dan nyaman, pembelian aksesoris seperlunya saja dan menjalani hobi yang sewajarnya saja, serta belilah sesuatu yang memang hanya kebutuhanmu.

  • Hindari Impulsif Saat Membeli Sesuatu

Langkah selanjutnya adalah menghindari hal yang berbau komsumtifitas. Jangan pernah tergiur dengan suatu barang diskon, jika kamu tau itu hanya permainan marketing saja. Secara tidak langsung kamu telah tertipu.

Belilah suatu barang yang memang kamu butuhkan saja, dan sekiranya memang bermanfaat.

  • Mempertimbangkan Hal-Hal Kecil

Jika ingin hidup sederhana, kamu juga perlu mempertimbangkan sesuatu. Mengapa seperti itu? Bukankah itu malah menjadi rumit?

Benar sekali! Seperti yang sudah dikatakan, tidak mudah untuk menerapkan pola hidup sederhana, jika mudah mungkin banyak orang yang bisa melakukannya.

Mempertimbangkan sesuatu adalah salah satu cara melawan ego kita. Misalnya jika kamu ingin membeli sepeda motor, pikirkanlah apakah itu benar-benar kamu butuhkan dan berfungsi atau tidak.

Tidak perlu merk sepeda motor yang terlalu bagus, pikirkan lagi fungsi dan manfaatnya. Sesuatu yang dirawat dengan baik, pastinya bisa bermanfaat untuk berkepanjangan.

  • Hindari Pikiran Negatif

Pikiran negatif memang sesuatu yang sulit untuk dilawan. Untuk menghindarinya, kamu bisa melakukan kegiatan positif seperti berolahraga dan menjalani hobi.

  • Nikmati Apa yang Ada

Kehidupan terus berjalan, dan pastinya tidak semua sesuai dengan harapan. Nikmati saja kehidupanmu saat ini, lakukan saja hal-hal yang kamu sukai dan membuatmu senang.

Jadikan hidupmu sebagai pengalaman, seperti kegagalan, karena dari kegagalan selalu ada hikmahnya, semua orang pernah mengalami kegagalan dan itu adalah bagian dari proses kehidupan.

  • Berkomitmen

Cobalah bangun komitmen dalam hidupmu, karena kebahagiaan tidak akan bisa didapatkan tanpa proses.

Untuk bisa menikmati hal tersebut, kamu harus bisa berpegang teguh pada komitmen yang telah dibangun.

Ini adalah langkah yang cukup sulit dan tidak semua orang bisa melewatinya. Cobalah jalani saja dengan santai dan belajar lebih ikhlas.

  • Memiliki Tujuan Hidup

Selama kamu hidup, apakah sudah terpikirkan di kepala kamu? Sebenarnya untuk apa kamu hidup selama ini? Apa tujuan hidupmu?

Menerapkan gaya hidup sederhana bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan hidup. Kebanyakan dari mereka ingin menjalani hidup sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi orang banyak.

Jika dalam kehidupan kamu ingin hidup damai, bahagia, sehat, bermanfaat, dan berkecukupan, kamu harus konsisten saat menjalaninya.

  • Mengatur Keungan Dengan Baik

Masalah ekonomi memang sudah menjadi masalah yang rumit bagi kebanyakan orang saat ini. Jadi biasakan untuk membeli sesuatu yang memang kamu butuhkan dan bermanfaat saja.

Jika kamu sudah berpenghasilan, cobalah untuk konsisten menyisihkan sebagian penghasilanmu, menyesuaikan pengeluaran dengan kebutuhan, bersedekah, dan cobalah hidup dengan hemat.

  • Menghindari Konflik

Menghindari konflik adalah salah satu cara ampuh untuk menikmati hidup sederhana dan damai. Hindari masalah-maslah yang tidak pentin dan bisa menganggu hidupmu.

Berbuatlah baik terhadap orang lain, hal ini akan membuat hidupmu lebih berkualitas.

Manfaat Hidup Sederhana

Manfaat Hidup Sederhana
Img: Canva

Hidup secara sederhana memang sangat sulit untuk dilakukan, perlu keseriusan dan harus konsisten. Jika kamu berhasil menerapkannya, akan sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang di sekitar.

Manfaat yang akan kamu dapatkan dengan menerapkan hidup sederhana adalah:

  • Terhindari dari Stres

Menghindari stres adalah hal sangat sulit, tetapi jika berhasil kesehatan mental akan terjaga. Hilangkan ambisi dan keinginan berlebih dari dirimu untuk mencapai atau memiliki sesuatu.

Jika sudah terbiasa hidup sederhana, secara tidak sadar kamu akan terus merasa cukup dan bersyukur. Banyak hal yang dapat menghilangkan stres, setiap orang pasti punya caranya masing-masing.

  • Meningkatkan Rasa Syukur

Dengan hidup apa adanya, kamu akan merasa cukup dengan apa yang sudah dimiliki saat ini. Banyak hal-hal positif yang akan kamu dapatkan dengan menerapkan hidup sederhana.

  • Bertanggung Jawab

Dalam arti lain, bertanggung jawab yang dimaksud yaitu seperti menjaga barang yang dibutuhkan dan berhati-hati menggunakannya, karena mereka tidak memiliki banyak barang dan memastikan keefektifitan sesuatu dalam hidupnya.

Hidup sederhana membuat seseorang lebih berani mengambil resiko untuk memilih kebahagiaan lain yang mungkin tidak dipikirkan banyak orang.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara menjalani hidup sederhana dan tenang. Meskipun terdengar agak rumit, tapi jika kamu berhasil menerapkannya, hal ini akan membawa sesuatu yang baik bagimu.