Panduan Sehat untuk Gizi yang Seimbang

RXR9 - Bagaimana panduan gizi seimbang agar badan tetap sehat? Peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan serta penambahan atau penurunan berat badan harus diperhitungkan atau kamu bisa menghadapi masalah.

Gizi yang tepat dapat membantu mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan, yang paling menakutkan adalah penyakit jantung dan kanker.

Nutrisi yang tepat didapatkan dari melibatkan makan banyak makanan yang berbeda, kamu juga harus memantau konsumsi makanan dan minuman, dan menghitung kalori.

Diet yang baik menawarkan gizi seimbang yang mengurangi kolesterol, tekanan darah, dan membantu mengontrol berat badan.

Bagaimana Menerapkan Panduan Gizi Seimbang yang Sehat?

Panduan Sehat untuk Gizi yang Seimbang
Img: canva

Agar berfungsi dengan baik, tubuh kamu harus memiliki kombinasi gizi yang tepat, tidak boleh kurang apalagi berlebihan.

Apapun yang berlebihan tentunya tidak baik, apalagi jika kita berbicara tentang kesehatan. Misalnya vitamin, vitamin berperan penting dalam menyehatkan tubuh.

Tapi apakah kamu tahu? Bahwa mengkonsumsi vitamin yang berlebih juga bisa berdampak negatif pada kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak artikel di bawah ini agar mengetahui bagaimana kombinasi gizi yang tepat dan seimbang.

1. Karbohidrat

karbohidrat panduan gizi seimbang
Img: canva

Mereka adalah sumber utama yang berperan dalam diet kamu. Tubuh menggunakan karbohidrat untuk membangun glukosa yang dapat digunakan segera atau disimpan dalam tubuh kamu untuk nanti. Namun, jika terlalu banyak glukosa maka akan disimpan sebagai lemak.

Ada dua jenis karbohidrat yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks. Gula adalah karbohidrat sederhana, sedangkan pati dan serat adalah karbohidrat kompleks.

2. Protein

protein panduan gizi seimbang
Img: canva

Protein membantu tubuh kamu dalam membangun dan memelihara otot dan jaringan lain.

Mereka juga berfungsi dalam penciptaan hormon. Sama seperti karbohidrat, jika terdapat protein berlebih, maka akan disimpan sebagai lemak.

Hewani dan nabati adalah dua jenis utama protein. Terlalu banyak protein hewani dapat menyebabkan kolesterol tinggi, karena tinggi lemak jenuhnya.

3. Lemak

lemak panduan gizi seimbang
Img: canva

Lemak adalah gizi lain yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Itu datang dalam bentuk jenuh dan tidak jenuh.

Lemak jenuh menempatkan kamu pada risiko masalah kesehatan. Sedangkan, lemak tak jenuh itu sehat, tetapi jika melewati proses pemurnian apa pun, itu bisa menjadi lemak jenuh.

4. Vitamin

vitamin
Img: canva

Ini juga merupakan gizi yang sangat kamu butuhkan. Vitamin termasuk panduan gizi seimbang yang memiliki tugas berbeda di dalam tubuh.

Mereka dapat bekerja dengan metabolisme untuk membantu tingkat energi untuk tugas apa pun yang dapat kamu pikirkan, dan yang perlu dilakukan tubuh. Perlu kamu catat! Bahwa vitamin tertentu dapat mencegah penyakit.

Misalnya, vitamin A, C, dan E, juga disebut antioksidan, dapat membantu pencegahan penyakit arteri koroner dengan mencegah penumpukan yang terjadi di dinding arteri.

Beberapa vitamin lainnya seperti:

  • Vitamin B-1 dibutuhkan untuk pencernaan dan fungsi sistem saraf yang tepat.
  • Vitamin B-2 dibutuhkan untuk pertumbuhan sel normal.
  • Vitamin B-3 membantu mendetoksifikasi tubuh kamu.
  • Asam folat membantu produksi sel darah merah.
  • Vitamin D membantu penyerapan kalsium.
  • Vitamin K membantu pembekuan darah kamu.

5. Mineral dan Trace Elements

mineral dan trace element
Img: canva

Ini adalah gizi lain yang dibutuhkan tubuh kamu. Keduanya digunakan dalam banyak proses tubuh yang berbeda.

Mineral seperti klorin membantu membuat cairan pencernaan kamu. Fosfor membantu membangun tulang yang kuat.

Keduanya dapat ditemukan pada makanan yang kita konsumsi, namun dengan trace element, tubuh kamu hanya membutuhkan sedikit saja.

Garam adalah salah satu gizi terakhir yang dibutuhkan tubuh kamu. Jadi, kamu tidak boleh mengonsumsi lebih dari 2400 miligram per hari, karena dapat meningkatkan tekanan darah.

Manfaat Gizi yang Seimbang

manfaat gizi seimbang
Img: detik.food

Kamu harus mengikuti beberapa panduan untuk menciptakan gizi atau nurtisi yang seimbang. Pertama, cobalah mengonsumsi dua setengah cangkir sayuran dan dua cangkir buah setiap hari.

Saat membuat pilihan untuk setiap hari, pastikan untuk memilih variasi yang baik. Panduan kasar yang baik adalah makan sebanyak mungkin warna berbeda, ini akan membantu kamu memilih dari kelima subkelompok sayuran setidaknya empat kali per minggu.

Kamu harus makan setidaknya tiga ons produk gandum setiap hari. Setidaknya setengah dari asupan biji-bijian kamu harus berbahan dasar gandum utuh.

Susu juga harus menjadi bagian dari diet sehat. Konsumsilah setidaknya empat puluh delapan ons susu rendah lemak atau produk susu setiap hari.

Asupan lemak total kamu seharusnya hanya antara sepuluh dan tiga puluh persen dari kalori yang kamu miliki.

Sebagian besar lemak yang kamu konsumsi harus dalam bentuk lemak tak jenuh, karena lemak jenuh dapat merusak kesehatan kamu.

Daging, unggas, kacang kering, dan susu atau produk susu semuanya harus tanpa lemak, rendah lemak, atau bebas lemak.

Kurang dari sepuluh persen kalori kamu harus berasal dari lemak jenuh, dan kamu harus selalu berusaha menghindari asam lemak trans.

Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang kaya serat harus menjadi bagian rutin dari diet kamu seperti halnya makanan kaya kalium. Minuman beralkohol hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah sedang. Gizi yang sangat baik adalah dasar dari diet sehat.

Posting Komentar

0 Komentar