Apa itu SEO: Jenis, Pengertian dan Manfaatnya

RXR9 - Segudang cara bisa kalian lakukan untuk meningkatkan traffic pengunjung website, salah satu caranya adaah dengan menerapkan strategi SEO (Search Engine Optimization) pada website yang kalian kelola.

Jika kalian baru saja mulai atau masih pemula dalam mengurus sebuah website, strategi SEO ini sudah wajib kalian pelajari.

Ada banyak jenis, manfaat, dan cara kerjanya. Untuk mengetahui apa saja hal pertama yang harus kalian lakukan untuk menerapkan SEO di dalam website, simak artikel di bawah ini.

Pengertian SEO (Search Engine Optimization)

apa itu seo
Img: pras/rxr9.blogspot.com

Apa itu SEO? SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yaitu teknik yang digunakan untuk mengoptimisasi sebuah website.

Tujuannya untuk memudahkan mesin pencari menemukan sebuah halaman atau website, dan menempatkan di halaman pertama pada sebuah mesin pencari dengan keyword atau kata kunci tertentu yang sudah ditentukan.

Jika sudah berhasil menempati halaman pertama pada sebuah mesin pencari, maka kemungkinan besar bisa mendapatkan pengunjung lebih banyak.

Strategi SEO berfokus pada kata kunci yang dimasukkan oleh user, artinya dengan menggunakan teknik ini, kalian dapat terbantu untuk menemukan target pengunjung sesuai dengan konten yang telah dibuat.

Jika user merasakan mendapat manfaat dari konten yang kalian buat, pastinya mereka akan kembali lagi ke website yang kalian kelola, untuk melihat konten lainnya.

Artinya website kalian sudah mendapat kepercayaan dari pengunjung tersebut. Semakin tinggi traffic, maka kalian juga bisa mendapat penghasilan dari website tersebut.

Apa Saja Manfaat SEO?

manfaat seo
Img: Canva

Mengapa harus menggunakan SEO pada sebuah website?

Keuntungan menggunakan teknik SEO adalah untuk menolong mesin pencari memudahkan pencariannya dan menentukan peringkat sebuah website.

Dengan begitu, website yang tampil di halaman pertama adalah website yang memang relevan dan sedang dicari oleh pengunjung.

1. Mendapat Traffic

Menggunakan strategi SEO di website, dapat meningkatkan traffic pengunjung jauh lebih banyak, jika berhasil berada di halaman pertama.

Pastinya, jumlah pengunjung akan terus bertambah mengunjungi website kalian, jika teknik SEO berhasil diterapkan dan berada pada halaman pertama mesin pencari.

Secara otomatis, pengunjung akan lebih condong memilih website yang berada di halaman pertama mesin pencari. karena lebih mudah dan akurat.

2. Sasaran Target

Kegunaan menerapkan SEO pada sebuah website yang akan anda dapatkan adalah, relevansi atau ketepatan sasaran.

Mesin pencari akan mengarahkan pengunjung ke tujuan yang mereka inginkan dengan memasukkan sebuah kata kunci (keyword).

Hal Ini akan membuat website atau konten yang kalian buat jadi lebih bermanfaat bagi banyak pengunjung, dengan kata kunci yang tepat.

3. Kepercayaan Pada Website Meningkat

Sebuah website yang berada pada halaman pertama mesin pencari, telah dipastikan memiliki kepercayaan pengunjung lebih tinggi.

Hal ini karena website atau konten yang kalian buat sesuai dengan pencarian pengunjung dan relevan, serta memiliki informasi yang dibutuhkan.

4. Brand Semakin Dikenal

Jika kalian adalah seorang pembisnis atau seorang marketer di bidang kesehatan, kuliner atau lainnya, SEO pada sebuah website sangat berguna untuk menambah brand awareness yang bisa memberikan keuntungan berkali-kali lipat.

Mengapa bisa seperti itu? Jika kalian menerapkan teknik SEO, dan website atau konten kalian berhasil muncul pada halaman pertama mesin pencari, maka akan banyak pengunjung yang mengenal website kalian.

Alhasil, promosi yang ada pada website kalian berpeluang besar mendatangkan pengunjung baru.

5. Promosi

Untuk membuat sebuah promosi pada sebuah website, biasanya dapat mengeluarkan biaya. Tetapi, menggunakan teknik SEO pada sebuah website atau konten untuk melakukan promosi, itu tidak mengeluarkan biaya.

Beda cerita jika kalian menggunakan Google ADS untuk mendatangkan pengunjung, ini bisa mengeluarkan biaya tambahan.

Jika menerapkan teknik SEO, selama 24 jam kalian bisa menggunakannya untuk promosi tanpa harus mengeluarkan biaya, selama website aktif.

Perhatikan Cara Kerja SEO

cara kerja seo
Img: maxmanroe.com

Untuk menerapkan teknik ini website, tentunya kalian harus tahu terlebih dahulu dasar atau cara kerja SEO itu sendiri.

Kalian harus paham, mesin pencari adalah sebuah robot yang membantu pengunjung website untuk menemukan sebuah topik yang dicari, berdasarkan kata kunci (keyword).

Jadi, kalian harus menentukan kata kunci untuk sebuah konten yang ingin dipublikasikan, tentunya dengan melakukan riset.

Meskipun dengan kata kunci yang jumlah pencariannya tinggi, belum tentu bisa menempatkan website kalian di halaman pertama mesin pencari.

Ada beberapa tugas mesin pencari atau Search Engine yang harus kalian pahami, yaitu:

  1. Crawling
    Crawling adalah proses pertama mesin pencari untuk mengumpulkan sebuah informasi yang detail dari sebuah website.Proses ini dikerjakan oleh Bot yang bertugas secara konsisten, untuk mengumpulkan informasi mendetail pada sebuah website, seperti halaman, judul, kata kunci, gambar dan jugainternal link.
  2. Indexing
    Setelah proses crawling, kemudian data atau informasi tersebut disimpah oleh database mesin pencari, dengan kata kunci tertentu.
    Hasilnya, halaman yang belum terindex oleh mesin pencari tidak akan tampil di search engine.
  3. Processing
    Pada tahap ini, permintaan pengunjung untuk mencari sebuah informasi berdasarkan kata kunci akan diterima oleh mesin pencari.
    Kemudian, mesin pencari akan membandingkan kata kunci tersebut pada website yang telah terindex di database Search Engine.
  4. Calculating Relevancy
    Calculating relevancy ini merupakan pembandingan halaman-halaman website yang sebelumnya sudah terindex, untuk melacak website bersama dengan kata kunci relevan dan disesuaikan bersama dengan permintaan user.
    Semakin akurat sebuah informasi pada website, maka website tersebut memiliki peluang besar untuk tampil pada halaman pertama mesin pencari.
  5. Retrieval
    Setiap mesin pencari mempunyai algoritma yang berbeda-beda untuk menentukan suatu halaman agar bisa berada di halaman pertama.
    Jadi, hasil pencarian yang ditampilkan akan berbeda-beda, meskipun dengan kata kunci yang sama.
  6. Ranking
    Mesin pencari tidak sembarangan menempatkan ranking pencarian sebuah website. Mesin pencari akan menjalankan proses di atas, guna menampilkan halaman yang relevan untuk user, bersama inputan kata kunci yang relevan.
    Teknik SEO sangat berkaitan dengan ranking sebuah halaman website. Semakin relevan konten yang kalian buat, maka semakin tinggi berkesempatan berada di ranking teratas.

Search Engine Optimization bertugas untuk mengoptimalkan sebuah kata kunci yang digunakan, tujuannya agar terindex oleh mesin pencari dan bisa mendapatkan ranking teratas sesuai dengan kata kunci yang dituju si pengunjung.

Jenis SEO

jenis seo
Img: linkedin.com

Setelah memahami bagaimana mesin pencari bekerja, kemudian kalian harus mengetahui apa saja jenis-jenis Search Engine Optimization yang ada.

1. SEO On-page

SEO On-page adalah optimisasi terhadap halaman depan website, dengan memperhatikan permalink, judul konten (SEO title), struktur konten, gambar konten, sebaran kata kunci, kualitas konten, internal link, eksternal link dan elemen SEO lainnya (meta description, tag, kategori, dan lainnya).

Dengan menerapkan teknik SEO, kalian dapat mengoptimalkan sebuah website agar bisa bersaing dengan website-website lainnya, dan mendapat peringkat teratas mesin pencari.

Menerapkan teknik ini juga tidak sembarangan, kalian juga harus memiliki ide untuk membuat konten yang berkualitas untuk kebutuhan pengunjung.

Jika kalian adalah pemula, SEO On-page adalah langkah awal yang harus benar-benar dipelajari.

2. SEO Off-page

SEO Off-page memiliki teknik yang berlawan dengan SEO On-page, jika SEO On-page bertugas untuk mengoptimalkan sebuah konten di internal, SEO Off-page ini berfokus pada bagian eksternal website.

Dengan mengoptimasi sebuah website dari luar, kalian juga harus memperhatikan beberapa aspek penting yang harus ditingkatkan, seperti link building (menanamkan backlink), meningkatkan DA (domain authority) dan PA (page authority), serta melakukan promosi di medis sosial atau marketing lainnya.

Penerapan SEO Off-page ini dapat meningkatkan kredibilitas dan mendapatkan kepercayaan dari mesin pencari untuk berada di halaman pertama dan ranking teratas.

3. Technical SEO

Technical SEO merupakan upaya optimisasi SEO pada bagian dalam website. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah kecepatan website, struktur website, sitemap, keamanan, tema website (SEO Friendly), layout website, dan juga navigasi.

Menggunakan technical SEO, sebuah website akan memiliki struktur yang bagus, mudah terbaca oleh mesin pencari, dan juga pengunjung akan nyaman saat berkunjung ke website kalian.

Nah, dengan mempelajari teknik SEO untuk sebuah website, maka kalian dapat mendapat keuntungan dengan mendatangkan traffic yang lebih banyak, dengan target yang sesuai.

Posting Komentar

0 Komentar